PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MANDIRI DAN PENGUASAAN KOSAKATA MAHASISWA S1 STIKES HUSADA JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.60050/pwh.v6i2.85Kata Kunci:
English, Self-Regulated Learning, Vocabulary MasteryAbstrak
Latar Belakang: Pembelajaran mandiri merupakan proses pembelajaran yang membutuhkan strategi atau metode tertentu agar dapat berjalan optimal dan dilakukan secara mandiri. Namun, siswa mengalami beberapa kesulitan belajar, salah satunya adalah penguasaan kosakata.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara pembelajaran mandiri siswa dengan penguasaan kosakata.
Metode: Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi untuk menganalisis data. Partisipan penelitian adalah 37 mahasiswa keperawatan semester tujuh dari Fakultas Ilmu Kesehatan Husada Jombang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Untuk menganalisis korelasi, peneliti menggunakan interpretasi koefisien korelasi standar dengan menggunakan SPSS versi 26.0 for Windows.
Hasil: Temuan penelitian menunjukkan bahwa data yang ditemukan semua variabel memiliki nilai signifikan (sig.) sebesar 0,000. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara pembelajaran mandiri dan penguasaan kosakata adalah 0,730. Berdasarkan hasil di atas, meskipun korelasinya tinggi, tingkat signifikansinya cukup untuk menolak hipotesis nol (Ho), yang berarti Ha diterima.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pembelajaran mandiri bahasa Inggris dan penguasaan kosakata.
Referensi
Alqahtani, M. (2020). The importance of vocabulary in language acquisition and effective teaching methods. International Journal of Teaching and Education, 21.
Amirian, M. &. (2015). The correlation between the amount of vocabulary and the self-regulatory vocabulary strategies used by Iranian EFL learners. Iranian Journal of Language Teaching Research, 29-46.
Efklides, A. (2011). Interactions of metacognition with motivation and affect in self-regulated learning. The MASRL model. Educational Psychologist, 46(1), 6–25.
El-Adl, A. &. (2020). Relationships between learning motivation, self-regulated learning techniques, and mathematical achievement. Cypriot Journal of Educational Sciences, 104–111. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i1.446.
Hatami, Z. A. (2018). On the Association between L2 Vocabulary Knowledge and Reading Comprehension and Self-regulated Learning Components. Language Studies: Theory and Practice in Language Studies.
Kaswan, &. S. (2013). Research in English education. Putra Praktisi.
Richards, J. C. (2019). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press.
Schmitt, N. (2010). Researching Vocabulary: A Vocabulary Research Manual.
asingstoke: Palgrave Macmillan.
Shandra K, N. (2021). The relationship between reading comprehension and self-regulation among eighth-grade students at MTSN1 Kotabumi in the narrative text throughout the 2019–2020 academic year. Jurnal Griya Cendikia, Volume 6, No. 2.
Sutiono, C. T. (2022). Reading comprehension and self-regulated learning. Journal of English Education and Applied Linguistics, https://doi.org/10.24127/pj.v11i3.4747.
Zahra Senna, M. (2020). The extent of vocabulary and self-regulated learning strategies among senior high EFL students in Indonesia. RETAIN. Volume 08 Nomor 03,, 173.
Zimmerman, B. J. (2002). An overview of developing self-regulation in learning. Theory into Practice, 64.
Zimmerman, B. J. (2011a). Handbook of self-regulation of learning and performance. Routledge/Taylor & Francis Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Atika Nur Fadilla

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.