PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KUALITAS LAYANAN JASA EDUKASI TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN DI STIKES HUSADA JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.60050/pwh.v4i2.48Kata Kunci:
Persepsi Mahasiswa, kepuasan mahasiswa, loyalitas mahasiswaAbstrak
Memasuki abad ke-21 semua bangsa akan dihadapkan pada berbagai macam tantangan yang serius dan amat mendasar, utamanya berkaitan dengan kompetisi yang berdimensi global. Kompetisi global atau globalisasi tersebut mensyaratkan tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa atas kualitas layanan jasa edukasi terhadap loyalitas melalui kepuasan mahasiswa program D-III kebidanan di STIKES Husada Jombang. Metode penelitian menggunakan survey deskripsi, jenis penelitian explantory research. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program D-III Kebidanan di STIKES Husada Jombang tahun 2009 di ketahui 562 mahasiswa. Berdasarkan perhitungan sampel diperoleh 168 mahasiswa. Untuk itu menguji hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh persepsi mahasiswaatas kualitas layanan jasa edukasi terhadap loyalitas melalui kepuasan mahasiswa program D-III Kebidanan di STIKES Husada Jombang. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan uraian hasil analisis dan pembahasan sebagai berikut ada pengaruh persepsi mahasiswaatas kualitas layanan jasa edukasi berpengaruh secara nyata terhadap loyalitas melalui kepuasan mahasiswa program studi D-III kebidanan di STIKES HUSADA.