STRESS AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI STIKES HUSADA JOMBANG

Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Stress Akademik

Penulis

  • Eka Marliana STIKes Husada Jombang
  • Vendi Eko Kurniawan STIKes Husada Jombang
  • Eliza Zihni Zatihulwani STIKes Husada Jombang

DOI:

https://doi.org/10.60050/pwh.v3i2.16

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Stress Akademik

Abstrak

Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 ini membuat mahasiswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya yang membuat mahasiswa merasa jenuh. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stress akademik dengan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di STIKes Husada Jombang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian semua mahasiswa STIKes Husada Jombang S1 Keperawatan dan D3 Kebidanan, dengan sampel sebagian mahasiswa sebanyak 45 orang. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data dengan uji Spearmen Rank. Berdasarkan uji Spearmen Rank menunjukkan r value 0,000 (r value < 0,05). Maka H1 diterima yang berarti ada hubungan stress akademik dengan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di STIKes Husada Jombang. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa tingkat stress akademik yang paling banyak dialami oleh responden yaitu stress tinggi, sedangkan untuk motivasi belajar yang paling banyak dialami oleh responden yaitu motivasi belajar rendah. Terdapat hubungan antara stress akademik dengan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di STIKes Husada Jombang. Dari hasil penelitian ini, diharapkan mahasiswa dapat mempelajari dan memahami manajemen stress yang baik dalam menghadapi stress dan institusi pendidikan dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang nyaman dengan metode pembelajaran yang baru agar mahasiswa tidak merasa jenuh dalam pembelajaran daring.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-13

Cara Mengutip

Marliana, E., Eko Kurniawan, V., & Zatihulwani, E. Z. (2022). STRESS AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI STIKES HUSADA JOMBANG: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, Stress Akademik. PRIMA WIYATA HEALTH, 3(2), 11–24. https://doi.org/10.60050/pwh.v3i2.16