KARAKTERISTIK IBU DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA

Penulis

  • Siti Nur Farida Program Studi D3 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang
  • Ardiyanti Hidayah Program Studi D3 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang
  • Rista Dian Anggraini Program Studi D3 Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang

DOI:

https://doi.org/10.60050/pwh.v6i1.84

Kata Kunci:

Karakteristik Ibu, Pertumbuhan Balita, Perkembangan Balita

Abstrak

Masa kanak-kanak merupakan masa yang sangat krusial dalam kehidupan dan perlu mendapatkan perhatian. Masa ini ditandai dengan perkembangan dan kemajuan fisik, psikomotorik, mental, dan sosial yang sangat pesat. Sebanyak 34,3% orang tua kurang memperhatikan tumbuh kembang anak. Akibatnya, masih banyak anak yang tidak terpantau perkembangan dan pertumbuhannya. 33,5% anak diperkirakan memiliki masalah perkembangan. Untuk melacak perkembangan dan pertumbuhan balita di Puskesmas Kesamben Kabupaten Jombang, penelitian ini mencoba mengidentifikasi ciri-ciri ibu balita. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 53 ibu yang memiliki balita, yang dipilih dengan metode sampling insidental. Analisis data menggunakan analisis univariat. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar ibu balita berusia antara 20 sampai 35 tahun (30 orang perempuan atau 56,6%), tamat SMA (29 orang perempuan atau 54,8%), berpendapatan keluarga tinggi (27 orang perempuan atau 50,9%), memiliki anak berusia ≥ 2 tahun (37 orang perempuan atau 69,8%), dan tidak bekerja (44 orang perempuan atau 83%).

Referensi

Ariani, A., & Yosoprawoto, M. (2012). Usia anak dan pendidikan ibu sebagai faktor risiko gangguan perkembangan anak. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 27(2), 118–121. https://doi.org/ 10.21776/ub.jkb.2012.027.02.13.

Depkes RI. (2013). Riset kesehatan dasar 2013.

Desai, S., & Alva, S. (1998). Maternal education and child health: Is there a strong causal relationship? Demography, 35(1), 71–81.

Emmett, P. M., & Jones, L. R. (2014). Diet and growth in infancy: Relationship to socioeconomic background and health and development in the Avon Longitudinal Study of Parents and Children. Nutrition Reviews, 72(8), 483–506. https://doi.org/10.1111/nure.12122.

Engle, P. L., Black, M. M., Behrman, J. R., Cabral de Mello, M., Gertler, P. J., Kapiriri, L., Martorell, R., & Young, M. E. (2007). Strategies to avoid the loss of developmental potential in more than 200 million children in the developing world. The Lancet, 369(9557), 229–242. https://doi.org/10.1016/S0140- 6736(07)60112-3.

Ertem, I. O., Atay, G., Dogan, D. G., Bayhan, A., Bingoler, B. E., Gok, C. G., Ozbas, S., Haznedaroglu, D., & Isikli, S. (2007). Mothers’ knowledge of young child development in a developing country. Child: Care, Health and Development, 33(6), 728–737. https:// doi.org/10.1111/j.1365-2214.2007. 00751.x.

Figueroa, A. (2012). Connecticut’s guidelines for the development of infant & toddler early learning: A handbook for caregivers of young children. Connecticut USA: Connecticut Department of Social Services.

Gauthier, A. H., & DeGusti, B. (2012). The time allocation to children by parents in Europe. International Sociology, 27(6), 827–845. https://doi.org/10.1177/0268580912443576.

Glascoe, F. P., & Dworkin, P. H. (1995). The role of parents in the detection of developmental problems and behavioral problems. Pediatrics, 95(6), 829–836.

Gunawan, G., Fadlyana, E., & Rusmil, K. (2011). Hubungan status gizi dan perkembangan anak usia 1-2 tahun. Sari Pediatri, 13(2), 142–146. https://doi.org/10.14238/sp13.2.2011.142-6.

Huston, A. C., & Rosenkrantz Aronson, S. (2005). Mothers’ time with infants and time in employment as predictors of mothers? Child relationships and children’s early development. Child Development, 76(2), 467–482. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2005. 00857.x.

Majnemer, A. (1998). Benefits of early intervention for children with developmental disabilities. Seminars in Pediatric Neurology, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.1016/S1071-9091(98) 80020-X.

Niven, N. (2008). Psikologi kesehatan: Pengantar untuk perawat dan profesional. Jakarta: EGC.

Petersen, M. C., Kube, D. A., Whitaker, T. M., Graff, J. C., & Palmer, F. B. (2009). Prevalence of developmental and behavioral disorders in a pediatric hospital. Pediatrics, 123(3), e490– e495. https://doi.org/10.1542/peds.2008- 2750.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2008). Nursing research: Generating and assessing evidence for nursing practice. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Prentice, A., Schoenmakers, I., Ann Laskey, M., de Bono, S., Ginty, F., & Goldberg, G. R. (2006). Symposium on ‘Nutrition and health in children and adolescents’ Session 1: Nutrition in growth and development Nutrition and bone growth and development. Proceedings of the Nutrition Society, 65(4), 348–360. https://doi.org/10.1079/PNS2006519.

Richard, S. a., McCormick, B. J. J., Miller, M. a., Caulfield, L. E., & Checkley, W. (2014). Modeling environmental influences on child growth in the MAL-ED cohort study: Opportunities and challenges. Clinical Infectious Diseases, 59(suppl_4), S255–S260. https://doi.org/10.1093/cid/ciu436.

Semba, R. D., de Pee, S., Sun, K., Sari, M., Akhter, N., & Bloem, M. W. (2008). Effect of parental formal education on risk of child stunting in Indonesia and Bangladesh: A cross-sectional study. The Lancet, 371(9609), 322–328. https://doi.org/10.1016/S0140- 6736(08)60169-5.

Stevens, J. H. (1984). Child development knowledge and parenting skills. Family Relations, 33(2), 237–244. https://doi.org/10.2307/583789.

Sugihartiningsih, S., & Vanara, D. S. (2014). Hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan kepatuhan mengikuti kegiatan posyandu balita di Posyandu Wijaya Kusuma VI Desa Jombor Kabupaten Semarang. Profesi: Media Publikasi Penelitian, 11(1), 46–51. https://doi.org/10.26576/profesi.75.

Tjandrajani, A., Dewanti, A., Burhany, A., & Widjaja, J. A. (2016). Keluhan utama pada keterlambatan perkembangan umum di Klinik Khusus Tumbuh Kembang RSAB Harapan Kita. Sari Pediatri, 13(6), 373–377. https://doi.org/10.14238/sp13.6.2012.373-7.

Yanuarti, H. P., Rusmil, K., & Effendi, S. H. (2014). Environment as a risk factor in delayed development in premature, low-birthweight, and mild asphyxia children. Pediatrics International, 56(5), 720–725. https://doi.org/10.1111/ped.12333.

Yeung, W. J., Linver, M. R., & Brooks–Gunn, J. (2002). How money matters for young children’s development: Parental investment and family processes. Child Development, 73(6), 1861–1879. https://doi.org/10.1111/1467-8624.t01-1-00511.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-02

Cara Mengutip

Farida, S. N., Hidayah, A., & Anggraini, R. D. (2025). KARAKTERISTIK IBU DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA. PRIMA WIYATA HEALTH, 6(1), 49–55. https://doi.org/10.60050/pwh.v6i1.84