DAMPAK KECANDUAN GADGET TERHADAP EMOSI DAN PERILAKU REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.60050/pwh.v6i1.83Kata Kunci:
Gangguan Emosi, Kecanduan Gadget, Perilaku RemajaAbstrak
Masa remaja, tahap transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa, merupakan masa terjadinya perubahan pada tubuh, pikiran, dan emosi. Meskipun teknologi memiliki banyak keuntungan, penggunaannya yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif. Perangkat adalah alat yang dapat digunakan untuk tujuan pendidikan dan rekreasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ciri-ciri emosional dan perilaku remaja yang kecanduan teknologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari seratus remaja berusia antara tiga belas dan lima belas tahun. Teknik pengambilan sampel acak digunakan untuk memilih sampel remaja di SMPN 1 Peterongan. Analisis data penelitian ini terdiri dari deskripsi. Sebanyak 57% jawaban berasal dari laki-laki. Hanya sebagian kecil remaja yang mengalami kesulitan mental dan perilaku, termasuk masalah sosial, masalah emosional, perubahan perilaku, hiperaktif, dan masalah dengan interaksi dengan teman sebaya, sementara 52% dari mereka mengalami kecanduan gadget tingkat ringan. Dapat disimpulkan bahwa kecanduan gadget dapat menyebabkan masalah mental dan perilaku pada remaja. Mengingat pentingnya pengawasan orangtua untuk mencegah berkembangnya kecanduan gadget dan perubahan perilaku pada remaja, maka penulis menyarankan agar dilakukan penelitian lanjutan yang melibatkan orangtua guna menanggulangi permasalahan kecanduan gadget pada remaja.
Referensi
Alrasheed, K. B., & Aprianti, M. (2016). Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja (Sebuah Studi Pada Siswa Smp Di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 136–142.
APJII. (2020). Apjii Buletin APJII. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Vol. 74, p. 1).
https://apjii.or.id/content/rea d/104/503/BULETIN-APJII- EDISI-74---November-2020
Asif, A., & Rahmadi, F. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 148–157.
Aziz, U. K., Lutfiya, I., & Sulaiman, I. (2021). Gambaran Gangguan Perilaku dan Emosional pada Remaja Usia 10-24 Tahun Berdasarkan Faktor Sosiodemografi (Analisis Data Susenas Tahun 2015). BIOGRAPH-I: Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic, 1(2), 54. https://doi.org/10.19184/biog raph-i.v1i2.27873
Firdaus, W., & Marsudi, M. S. (2021). Konseling Remaja yang Kecanduan Gadget MelaluiTerapi Kognitif Behavior. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 15–24. https://www.lp2msasbabel.ac. id/jurnal/index.php/stu/articl e/view/1980
Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(2), 182. https://doi.org/10.22373/psik oislamedia.v5i2.7898
Hakim, L. N. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah- Masalah Sosial, 11(1), 43–55. https://doi.org/10.46807/aspir asi.v11i1.1589
Imron, R. (2017). HUbungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Keperawatan, XIII(2), 148–154.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.
Kumala, A. M., Margawati, A., & Rahadiyanti, A. (2019). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. Journal of Nutrition College, 8(2), 73. https://doi.org/10.14710/jnc.v 8i2.23816
Kusuma Rini, M., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.30651/jkm. v5i1.4609
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop. v5i2.1521
Mumbaasithoh, L., Ulya, F., & Rahmat, K. B. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.29080/jpp. v12i1.507
Pitrianti, & Ahmat, H. (2021). Tinjauan Bahaya Kecanduan Gadget. Jurnal Pengabdian Masyarakat Udhuluddin Adab Dan Dakwah, 1(2), 139–147.
Pratiwi, R., & Malwa, R. (2021). Faktor yang Memperngaruhi Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 15(2), 105–112.
Prizki, T. B. D., & Sari, S. P. (2020). Kecanduan Gadget Pada Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Lahat. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 11. https://doi.org/10.31851/juan g.v3i1.4938
Sa’ngadah, N., Arief, Y. S., & Krisnana, I. (2020). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dengan Kecanduan Gadget. BIMIKI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 8(2), 56–62. https://doi.org/10.53345/bimi ki.v8i2.132
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161
Sudirman, S. J., & Yuwono, S. (2019). Dinamika Empati Pada Remaja Yang Kecanduan Gadget. http://eprints.ums.ac.id/id/ep rint/77539
Widayani, S. (2020). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 276–281.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Vendi Eko Kurniawan, Rista Dian Anggraini, Ike Kristiana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.