HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.60050/pwh.v4i2.54Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Pretsasi Belajar, Siswa SMP Negeri 1PeteronganAbstrak
Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor terpenting dalam proses pembelajaran untuk dapat mencapai prestasi yang maksimal dalam pembelajaran dikelas. Anak usia SMP adalah mereka yang berusia 13-15 tahun berada pada kelompok perkembangan usia masa remaja pada fase awal tahap perkembangan psikologi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Peterongan Kabupaten Jombang.
Desain penelitian yang digunakan adalah metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik sampling total sampling dan jumlah sampel sebanyak 30 responden Siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Peterongan Kabupaten Jombang.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa Sebagian besar siswa memiliki kecerdasan emosional sedang dengan prestasi belajar sedang
hasil uji statistik spearman rank. diperoleh angka signifikan dan probilitas (0,000) atau standar signifikan (0,05) atau (r<a) maka nilai koefisien 0,599 menunjukan bahwa hubungan cukup kuat, maka H1 diterima berarti ada hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Siswa.
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa banyak penelitian yang dilakukan tentang dominasi otak pada dasarnya menunjukkan bahwa masing-masing belahan otak kiri dan otak kanan memiliki fungsi yang berbeda sehingga kecerdasan emosional sedang dan prestasi belajar sedang memungkinkan individu dapat merasakan, memahami dengan benar, yang selanjutnya mampu menggunakan daya dan kepekaan emosional sebagai energi informasi dan mempengaruhi prestasi belajar.